Analisis Perbandingan Harga Jual Menggunakan Metode Cost Plus Pricing dan Mark Up Pricing. (Studi Kasus pada Toko Bumbu Borneng dan Toko Bumbu Nainggolan Di Pasar Horas Gedung IV Lantai I Pematangsiantar)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan harga jual menggunakan metode cost plus pricing dan mark up pricing yang hasilnya akan digunakan untuk mengevaluasi harga jual yang berlaku saat ini
Jenis penelitian ini adalah studi kasus terhadap penentuan harga jual yang berlaku di Toko Bumbu Borneng dan Toko Bumbu Nainggolan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah pemilik & karyawan Toko Bumbu Borneng dan Toko Bumbu Nainggolan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kuantitatif, dimana penentuan harga jual dilakukan dengan menggunakan metode cost plus pricing & mark up pricing yang rumusnya sudah ditentukan.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Toko Borneng lebih menguntungkan menerapkan Metode MUP daripada menerapkan Metode CPP. 2) Toko Nainggolan lebih menguntungkan untuk terus menerapkan harga yang berlaku saat ini karena masih tetap bisa memperoleh laba yang jauh lebih tinggi dibandingkan jika menggunakan kedua metode yang ada.
Kata kunci : Harga Jual, Cost Plus Pricing , Mark Up Pricing
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Boone, Louise E, dan David L. Kurtz., (2002), Pengantar Bisnis, Jilid 2. Buku Dua, Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat
Gitosudarmo, Indriyo, 2000, Manajemen Pemasaran, Cetakan Keenam, Yogyakarta : BPFE.
Hansen, Don R. dan Maryanne M.Mowen. 2005, Akuntansi Manajemen, Jakarta: Erlangga
Kotler Philip, Gary Armstrong, (2016), Principles Of Marketing, Harlow: Pearson Education
Monroe, Kent.B, (2000), Pricing Making Profitable Decision, Jakarta : PT. Gramedia
Mulyadi, (2007), Akuntansi Biaya, Yogyakarta : BPFE UGM
Pirmaningsih, Lilik, (2016), Akuntansi Biaya, Cetakan Pertama,Yogyakarta : INDOMEDIA PUSTAKA (KDT).
Secapramana, V. (2000), Model Dalam Strategi Penetapan Harga, Unitas, 9(1), 30–43.
Sukirno, (2006), Strategi Penetapan Harga, Jakarta.: Rajawali Pres
Tjiptono, Fandy. (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas. Yogyakarta: ANDI.
DOI: http://dx.doi.org/10.48042/jurakunman.v13i1.41
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurakunman (Jurnal Akuntansi dan Manajemen)
Print ISSN 2086-681X /Online ISSN 2654-8216
Published by
STIE Surya Nusantara
Jln. Rakoetta Sembiring Kec. Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21143
Jurakunman Published Papers Indexed/Abstracted By: